Dedi Go Blog

Dedicated for Computer & Techno
Will Be Come Belajar PHP itu mudah

Anda mungkin pernah menonton film dokumentasi tentang perjalanan seseorang yang bernama Kevin Mitnick. Ya.. dia adalah seorang hacker yang pernah dikejar-kejar oleh FBI (Federal Bureau Investigation).
Apa itu hacker? Anda mungkin memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang pengertian hacker itu sendiri. Namun secara awam kita tahu bahwa hacker adalah orang yang berusaha dan dapat membobol komputer orang lain lewat sebuah jaringan akses Network, baik lokal maupun global.
Namun tahukah anda, bahwa hacker itu sendiri juga punya karakteristik, dan level masing-masing..? Ya, mereka juga ada rating tersendiri yang mereka buat berdasarkan tingkat kemampuan, karakteristik maupun tujuan mereka melakukan hacking itu sendiri.

Secara ringkas, berdasarkan tingkat kemampuan seorang hacker, mereka diklasifikasikan menjadi :

1. Mundane Person

Merupakan orang yang pada dasarnya tidak mengerti tentang hacking, hanya tahu bahwa seorang hacker adalah orang yang mengakses komputer orang lain. (Saya berada pada golongan ini :D )
2. Lamer
Merupakan kategori hacker yang "bermulut besar", karena mereka hanya tau menggunakan script atau code yang dibuat oleh orang lain, tanpa mengerti bagaimana proses dari script tersebut. Biasanya orang-orang seperti ini ditemui pada IRC user yang sering menggunakan script bot yang dibuat oleh orang lain.
3. Wannabe
Merupakan kategori hacker tingkat lanjut, biasanya orang-orang dalam golongan ini sudah memiliki dan mengerti tentang yang namanya "philosophy of hacking" dan bukan sekedar menerobos ke dalam komputer orang lain, mereka memang termasuk pemula, tapi mereka mulai mencari tau dan belajar tentang yang namanya hacking.
4. Larva
Merupakan kategori hacker dimana seseorang sudah dapat melakukan hacking sendiri dengan metode sendiri dan caranya sendiri, berusaha melakukannya berulang kali hanya untuk memastikan bahwa dia mengerti proses dari hacking yang dia lakukan itu seperti apa. Orang dalam kategori ini biasanya masih dalam tahap "WAS-WAS" karena mereka masih belum berani untuk melakukan sesuatu hal pada komputer yang mereka terobos, seperti misalnya menghapus file atau direktory untuk menghindarkan jejak mereka tercium oleh pemilik PC tersebsut.
5. Hacker
Merupakan kategory semifinal dari seorang hacker. Pada level ini, seorang hacker sudah berani melakukan aksi pada komputer yang dia terobos.Mengapa dikatakan kategori semifinal? karena masih ada level yang lebih tinggi.
6. Ueberhacker
Apa itu ueberhacker? Ini mungkin didasarkan pada Jerman Nietzsche's uebermann ("overman").Title ini pertama dipakai dalam sebuah tulisan yang berjudul "A Guide to Internet Security" oleh Christopher Klaus (5 Desember 1993), dimana dalam tulisannya menerangkan tentang bagaimana mengelabui seorang hacker. Dari komunitas "Social Engineering", diberikanlah sebutan orang-orang seperti ini sebagai "Ueberhacker"
Kategori hacker berdasarkan kemampuan khusus dalam bidang tertentu (misalnya hacker OS/Operating System), mereka dibagi menjadi 2 kategory:
1. Wizard
Merupakan kategori dimana seseorang sudah tahu banyak tentang suatu hal yang dia kuasai, misalnya dia ahli dibidang Operating System Linux. Dia sudah tau banyak tentang Linux dan segala sesuatunya.
2. Guru
Merupakan kategori dimana seseorang tidak hanya tahu banyak tentang hal yang dia kuasai, namun juga tau tentang fitur-fitur yang tak terdokumentasikan. Orang-orang seperti ini biasanya melakukan dan mengembangkan hal-hal baru yang melebihi kemampuan umum dari sebuah program. Bahkan mungkin melebihi creator program itu sendiri.
Kategori hacker berdasarkan tujuan dari seseorang melakukan hacking :
1. Dark-side Hacker
Merupakan kategori hacker yang sifatnya membuat bencana besar, seperti penyebar Virus yang membuat kacau ribuan bahkan jutaan komputer di bumi ini. Orang-orang seperti ini biasanya melakukan hal tersebut hanya untuk kesenangan belaka namun sifatnya bencana besar.

2. Malicious Hacker
Merupakan kategori hacker yang sifatnya sekedar merusak komputer tertentu. Tujuan hacker tersebut biasanya hanya ingin mencoba keahliannya sendiri, atau mungkin balas dendam maupun dengan tujuan mencari uang(dibayar oleh orang lain).

3. White Hacker
Merupakan kategori hacker yang dibayar untuk mencari kelemahan-kelemahan sebuah applikasi yang telah dibangun.
Mungkin masih banyak kategori-kategori lain yang belum disebutkan, tapi karena keterbatasan waktu menulis dan mencari sumber berita, untuk sementara hanya ini yang dapat saya tuliskan. Mungkin di lain waktu akan saya tambahkan, seperti tentang carder, Cracker, & Warez d00dz

0 comments

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)